beda antara wordpress.com dengan wordpress.org? Gratisan atau Hosting Sendiri?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
bedawordpressgratisandanhosting

Apa perbedaan antara membuat Blog di wordpress.com dengan di wordpress.org?

jawabannya Sederhana sekali. Yang pertama adalah gratisan, anda tidak perlu memikirkan Nama Domain atau hosting, sementara yang satunya lagi yang org, anda perlu membeli Nama Domain atau hosting.

Jika anda membuat Blog di wordpress.org maka selama anda terus memperpanjang Nama Domain dan sewa hosting anda, maka anda aman. Seterusnya artikel anda akan jadi artikel milik anda, tidak ada yang bisa mengambilnya dari anda… sementara jika anda tidak meletakkannya di hosting anda sendiri, maka kapan saja WordPress bisa menutup akun anda di wordpress.com dan anda tidak bisa mengaksesnya kembali.

Apalagi memang wordpress.com sudah menyatakan bahwa anda tidak diperkenankan untuk menggunakan wordpress.com sebagai tempat berjualan Sesuatu disana. Jika mereka merasa bahwa anda sudah melakukan atau melanggar ketentuan maka mereka bisa menutup akun anda kapan saja.

Sementara jika anda Ngeblog menggunakan hosting sendiri, dimana di hosting yang anda akan sewa sudah termasuk ada wordpress.org, tinggal satu kali klik saja maka WordPress website anda akan tercipta dengan mudah dan cepat (karena memang sudah disediakan fasilitasnya, gratis di hosting anda).

Bahkan jika anda menyewa hosting selama min 6 bulan saja, maka anda akan memperoleh Nama Domain gratis juga. Ya, jaman sekarang dengan kemajuan Tehknologi, membuat sebuah rumah di Internet, pusat keberadaan anda di dunia maya, tidak bisa lebih mudah lagi dibandingkan sekarang.

akses Internet semakin cepat, harga hosting semakin murah, Nama Domain diberikan gratis, bahkan fasilitas WordPress disertakan juga tinggal install gratis juga. Bahkan cara2nya pun ada banyak video di Youtube yang mengajarkan secara gratis juga.

Nah selanjutnya… kalau anda sudah install WordPress maka kemudian anda tinggal memilih themes atau template, sebagai baju dari blog anda sehingga dilihatnya keren dan layak. Dan themes ini juga disediakan gratis, atau kalaupun berbayar biasanya hanya sekali bayar saja, dan tidaklah mahal.

Saran saya anda bisa mulai dengan themes gratis saja dulu, karena pilihannya ada banyak dan bagus2.

Kemudian anda juga memerlukan beberapa plugin yang juga tersedia banyak yang gratis. Kalau plugin ibarat tambahan alat yang akan menjadikan Blog WordPress anda menjadi semakin hebat dan keren daya kerjanya.

Ada banyak plugin yang juga gratis, walau beberapa plugin bagus yang sangat diperlukan juga berbayar tetapi sangat layak berinvestasi terhadap rumah anda di Online, blog anda.  Ibarat rumah, jika anda berinvestasi, mendadani, menambahkan beberapa peralatan atau perkakas, maka rumah akan kelihatan lebih lengkap, multi fungsi, dan lebih layak untuk ditinggali.

Nah sekarang pilihan ada di tangan anda, apakah anda akan mulai dengan yang gratisan, tetapi kepemilikan bukan punya anda, dan sewaktu2 bisa saja ditutup akun anda. Lalu nama domain anda jadinya panjang, karena merupakan sub domain atau bukan Nama Domain anda sendiri.

Ataukah anda mulai langsung dengan benar, dengan Mempunyai Nama Domain sendiri, di hosting anda sendiri, Nama Domain yang mudah dikenali, mudah dihafalkan bahkan bisa dengan nama anda sendiri seperti yang saya lakukan di Blog ini. Saya menggunakan Nama Domain sesuai nama saya, kusumaputra.com sehingga mudah diingat, dan saat yang sama saya sedang melakukan Personal Branding.

Keren kan, walau tidak gratis, tetapi kelihatan sangat profesional, karena sebenarnya gratis seringkali tidak sungguh2 gratis, dalam jangka panjang anda membayar mahal sebenarnya… sementara jika anda mengeluarkan sedikit investasi, dalam jangka panjang anda menang banyak, karena anda lebih aman, nyaman, mudah dikenal, profesional, lebih dipercaya, lebih mudah mendapatkan bisnis dan banyak lagi harga yang anda dapatkan hanya dengan sedikit berinvestasi pada Nama Domain yang bagus dan hosting yang baik.

Kalau saya, pilihannya sudah jelas, saya akan pilih menggunakan Nama Domain sesuai pilihan saya, yang membranding nama saya sendiri. Kemudian mudah diingat, tidak panjang, dan tampak sangat profesional, kemudian hosting sendiri, sehingga saya dilayani dengan baik dan setiap ada masalah saya bisa chat dengan mereka dan langsung ditangapi, kemudian di hosting cpanel, saya Mempunyai banyak fasilitas seperti alamat email dengan nama domain sendiri, WordPress, dan banyak lagi lainnya.

selamat memulai!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Kusuma Putra

Kusuma Putra

Saya membantu anda, membawa dan mengeluarkan pesan-musik-suara anda, dan menyentuh banyak orang di luar sana, dengan menggunakan blog yang sukses, atau video seperti yang saya lakukan sehari hari!

Leave a Comment: