cara membuat blog di WordPress untuk pemula 2019!

cara membuat blog di Wordpres untuk pemula… hanya berdasarkan 3 langkah Sederhana saja.

  1. anda perlu menentukan nama domain yang ingin anda miliki.

nama domain ini bisa sangat bervariasi… tergantung anda memilih bidang dimana anda akan Ngeblog apa. jika anda ingin Ngeblog tentang pengembaran diri maka anda bisa membeli domain misal rahasiajuara.com atau lainya, yang memberikan gambaran yang jelas mengenai bidang dimana anda akan Ngeblog banyak mengenai hal itu.

jika anda akan Ngeblog tentang kesehatan, maka anda bisa membeli domain sesuai dengan topik pilihan anda. Karena anda akan Ngeblog dalam waktu yang tidak singkat, maka pilihlah Nama Domain yang baik, yang mudah diingat, mudah dieja, sehingga ketika anda harus menyampaikan nama domain anda via telepon misalnya… anda tidak kesulitan mengejanya.

Nama Domain yang terlalu panjang, atau Mempunyai – ditengahnya, akan sulit dieja, dan biasanya akan salah ketika orang datang kedua kalinya. Nama Domain sesuai dengan nama anda bisa menjadi pilihan yang baik, dan semakin banyak orang yang membeli Nama Domain sesuai dengan nama pribadinya, karena sekali mendayung 2 -3 pulau terlampaui. Sekalian Ngeblog sekalian membuat namanya sendiri menjadi terkenal. Istilahnya sekalian Ngeblog sekalian Personal Branding karena jika nama kita terkenal, maka ketika kita merekomendasikan produk atau jasa, orang akan cenderung membeli dari orang yang dikenal dibidang Tertentu.

   2. Membeli hosting untuk meletakkan file2 di blog anda.

Setelah membeli Nama Domain yang bagus, yang mudah diingat, tidak terlalu panjang. Maka kemudian anda perlu membeli sebuah hosting. dan saya sarankan anda membelinya di http://kusumaputra.com/hosting 

hosting yang baik sangat penting dalam jangka panjang, karena ketika orang mengakses Website atau blog anda maka apakah web bisa dibuka dengan cepat, dan tidak sering down, sangat ditentukan oleh hosting dimana anda menyewa space untuk meletakkan file2 blog anda itu. Hosting tidak mahal, dan anda bisa mulai dengan hosting yang kecil dulu, yang hanya beberapa ratus ribu saja setahun, bahkan per 3 tahun, dan kemudian jika ternyata blog anda mendapatkan banyak kunjungan nantinya, maka anda sewaktu2 bisa menambah kapasitas hosting anda menjadi lebih besar.

 3. Themes dan plugins yang diperlukan.

Themes ibarat baju dari blog anda, ada baju yang kelihatan modern dan menarik. Ada baju yang kelihatan ketinggalan jaman dan kuno. Semua tergantung anda, ada banyak sekali themes untuk blog anda bahkan banyak sekali yang gratis. Ketika anda menginstall WordPress di hosting anda, maka anda bisa memilih themes apa yang anda akan pakai, dan sewaktu2 anda bisa menggantinya dengan themes yang lainnya kedepannya.

Pada kenyataannya orang jarang sekali hanya menggunakan themes yang sama terus menerus. Sama seperti orang menggunakan baju, kadang mereka bosan dan mengganti bajunya dengan warna yang berbeda, gaya yang berbeda, demikian suasana hati kita… kapan saja anda perlu anda bisa mengganti themes blog anda dengan themes yang berbeda.

Mengenai plugin, juga sama, bisa diganti atau ditambahkan kapan saja sesuai dengan keperluan.

Nah ketika 3 hal diatas sudah dilakukan, maka tugas anda selanjutnya adalah hanya mengupdate atau mengisi blog anda dengan Konten atau artikel yang baru secara berkala. Karena bagian yang menarik orang berdatangan ke blog anda bukanlah seberapa cantik themes atau desainnya, bukannya seberapa cepat Website anda dibuka, atau sebarapa bagus artikelnya… tetapi apakah artikel nya cukup banyak, cukup sering diupdate, dan tentu saja apakah artikel di blog anda enak dibaca, berkualitas, bermanfaat untuk orang yang membacanya…

Namun, di awal, pastikan anda berlatih menulis dengan membuat lebih banyak artikel dulu. karena ketika anda sering menulis… maka anda akan semakin percaya diri, dan anda akan menikmati menulis… dimana ini syarat mutlak jika anda ingin Ngeblog dalam jangka panjang. Anda harus menikmati kegiatan Ngeblog itu, jika tidak bagaimana anda bisa tahan melakukannya jangka panjang… bagaimana anda bisa terus menerus membuat tulisan yang menarik jika anda sendiri tidak tertarik dengan kegiatan menulis di blog anda.

Nah kalau anda sudah mulai terbiasa dengan kegiatan menuangkan tulisan anda di Blog anda, kemudian pelan2 anda bisa lebih fokus… menulis hal2 yang memang anda suka, dan memang anda ingin blog anda Mempunyai thema atau topik sesuai dengan produk atau jasa yang anda akan promosikan/jual.

Karena tidak semua topik bisa menghasilkan tambahan Keuntungan atau penghasilan. Sementara kegiatan Ngeblog kalau tidak menghasilkan, maka dijamin anda tidak akan bertahan lama. oleh karena itu sangat tidak salah, jika anda ingin membuat blog bukan hanya yang menarik, cantik, menyenangkan, tetapi juga menjual dan menghasilkan.

Nah anda bisa merekomendasikan produk orang lain atau membuat produk atau jasa anda sendiri, dan menjualnya di blog anda ketika blog anda sudah semakin ramai banyak kunjungannya. Demikian cara saya membuat Blog, supaya suatu saat kedepannya saya bisa merekomendasikan Sesuatu, dan saya mendapatkan Keuntungan darinya, atau saya bisa menguangkan kunjungan ke Website saya dengan membuat produk saya sendiri, dan menjualnya di blog saya…dengan demikian saya bisa bertahan terus Ngeblog, karena saya tahu disaat yang sama saya bisa membantu banyak orang, mengajarkan mereka bagaimana meluncurkan Blog mereka, mengeluarkan suara mereka… membawa pesan mereka keluar sana, tetapi disaat yang sama saya juga akan mendapatkan penghasilan dari hobi menulis saya.

Menarik kan? 

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Kusuma Putra

Kusuma Putra

Saya membantu anda, membawa dan mengeluarkan pesan-musik-suara anda, dan menyentuh banyak orang di luar sana, dengan menggunakan blog yang sukses, atau video seperti yang saya lakukan sehari hari!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *